Tuesday, November 24, 2009

how to Use Variable in java program

Bahasa pemrograman berlanjut, sesudah membuat
program
sekedar say Hello dengan tiga perintah dalam bahasa java,
selanjutnya kita akan berkenalan dengan variabel.

variabel dalam program biasanya digunakan untuk menyimpan data.
data yang ada dikelompokkan dalam beberapa tipe
tergantung dari bentuknya.
untuk angka yang dapat melakukan operasi matematika terdapat:
integer untuk bilngan bulat tanpa koma.
untuk bilangan pecahan ada float dan double.

sedangakan tipe character untuk data karakter satu digit saja,
sedangkan tipe String untuk data yang berupa kalimat atau kata.

well, sesudah program "sekedar say Hello" sekarang
program perkenalan akan menjadi contohnya.
program perkenalan akan menampilkan nama, umur, dan gender.

langkahnya mudah, masih menggunakan 3 perintah di class SayHello.
hanya ada sedikit tambahan dari penerapan variabel.

yang perlu dilakukan adalah :

1) menetukan nama variabel.
Dalam program ini akan dibuat 3 variabel yang akan menampilkan
nama, umur dan gender.
well, di sini sudah kita dapatkan nama untuk 3 variabel tersebut.
nama variabelnya nama, umur dan gender.
sebagai contohnya nama yang akan kita tampilkan Joko Billy
umurnya 19 tahun dan gendernya laki- laki(disingkat L saja).

2) setelah memperoleh nama variabel makan tentukan tipe data untuk setiap variabel.
variabel nama yang berisi dua kata bertipe string.
variabel umur yang berisi bilangan bulat bertipe integer.
variabel gender yang terdiri dari satu karakter bertipe karakter.

setelah menentukan nama dan tipe variabel ,
terjemahkan perintah membuat variabelnya.
perintah untuk membuat variabel harus menyebutkan tipe data
dan nama variabel, sedangkan data pada variabel bisa langsung diisikan
atau diisikan kemudian.

mari kita terjemahkan perintah membuat variabel nama
dan langsung isikan datanya.

String nama = "joko Billy";

tipe data string diawali dengan huruf S kapital,
dan data yang diisikan harus diapit tanda kutip.
tanda titik koma (;) menunjukkan akhir perintah membuat variabel.
tanda ini selalu digukan untuk berpindah dari satu perintah ke perintah lain.

lalu buat variabel umur dengan kode berikut
int umur = 19;

tipe data integer dalam kodenya disingkat menjadi int.
dan lanjutkan dengan pembuatan variabel gender dengan kode berikut:

char gender = 'L';

tipe character dalam kodenya disingkat menjadi char.
data bertipe char diisikan dengan diapit tanda petik.
Dengan demikian diperoleh 3 baris kode program
untuk membuat variabel seperti terlihat di bawah ini:


3) Selesai membuat variabel,
sekarang waktunya menampilkan data dalam variabel tersebut.
untuk itu diperlukan class dan fungsi utama.
mari membuat class dengan nama CobaDataVariabel.
jangan lupa lengkapi dengan fungsi utama.

kemudian pindahkan kode untuk membuat
variabel ke dalam fungsi utama.

dan gunakan perintah untuk menampilkan kalimat
ke monitor serta data pada variabel:

System.out.println("my name is: "+ nama);

tampak pada kode di atas kalimat yang
akan ditampilkan adalah my name is Joko Billy.
dengan menyebutkan nama variabel data di dalamnya akan ditampilkan.
lengkapi kode program dengan perintah menampilkan umur dan gender


Save classnya dalam file java, compile dan lihat hasilnya.
demikian sekilas tentang pembuatan variabel dan cara menapilkan data di dalamnya.

Setelah membuat Class dan File java

SetelaH membuat file java

membuat file java dapat dilakukan dengan mengetik kode program
untuk membuat class di text editor.

notepad adalah salah satu contoh text editor.
Setelah file java selesai dibuat, file tersebut perlu
di-compile.

Dengan compile kesalahan pada kode program dapat diketahui.
proses compile dapat dilakukan dengan tool yang ada di JDK.
Pastikan JDK terinstall di komputer anda atau Download JDK di sini.

bila proses compile berhasil akan terbentuk file class.
file class inilah bentuk program yang sudah jadi dan dapat dijalankan.
menjalankan program dikenal juga dengan execute(eksekusi) atau run.
bila JDK sudah terinstall proses eksekusi dapat dilakukan via command prompt.

Well, itulah urutan membuat program: buat file java, compile dan eksekusi.
ketiga langkah tersebut akan lebih mudah dilakukan dengan aplikasi JCReator.
Ketiga langkah membuat program dapat dilakukan Di JCreator.
Download JCReator di sini

How to make program using java

Bahasa PemRoGRaman...
nama sebuah mata kuliah wajib di kampus,
bahasa pemrograman singkatnya adalah bahasa yang dibuat untuk
membuat program.

belajar bahasa pemrograman ga beda
dengan belajar bahasa - bahasa lain.
dengan cermat dan tekun bahasa pemrograman dapat dikuasai.
"as easy as one two three",
semudah menyebutkan angka tu wa ga pake bahasa inggris.
Karena setiap bahasa dapat dimengerti maksudnya
dan bukan mustahil untuk diterjemahkan.

Apalagi bahasa pemrograman java...
bahasa pemrograman java tergolong
bahasa pemrograman tingkat tinggi sehingga ga jauh berbeda
dengan bahasa pada umumnya.

well, dengan bahasa pemrograman sebuah program bisa dibuat.
cukup terjemahkan saja programnya ke java.
cukup bermodal text editor semacam notepad saja untuk membuat program.
dengan notepad kita terjemahkan perintah membuat program ke bahasa java.

bosojovo akan memandu langkah membuat programnya.
contoh pertama membuat program untuk menampilkan
kalimat ke layar monitor, sekedar program untuk "say Hello" saja.

berikut langkah - langkahnya:
1) Buat class dulu. class merupakan tempat untuk kode program kita.
saat membuat class nama class perlu ditentukan nama class.
di notepad ketikkan:

class SayHello{

}

perintah tersebut artinya buat class dengan nama SayHello.

well, perintah membuat class selesai diketikkan,
kita simpan class kita dengan memilih menu file pada notepad, lalu save as,

pada filename isikan "SayHello.java". menyimpan class harus ke file bertipe java,
nama filenya pun harus sama dengan nama classnya.


oleh karena itu kita simpan classnya
dengan nama "SayHello.java", dengan menyertakan tanda kutip di awal
dan akhir filename akan menjamin classnya tersimpan sebagai file java.

2) class sudah tersimpan sebagai file java, selanjutnya membuat fungsi utama.
fungsi utama akan membuat class SayHello berfungsi dan akan terlihat hasilnya.
perintah untuk membuat fungsi utama :

public static void main(String[] args){

}

tempatkan perintah tersebut ke dalam kelas dengan meletakkan kodenya di antara tanda {
dan }, setelah perintah membuat class.


3) class sudah tercipta lengkap dengan fungsi utama, sekarang tambahkan
perintah untuk menampilkan kalimatnya. kalimat yang akan ditampilkan adalah "Hi, Hallo semua..."
perintahnya ada dalam kode berikut:

System.out.println("Hi, Hallo semua...");

tambahkan kode tersebut dalam fungsi utama. dan save filenya.

selesai sudah 3 Langkah mudah membuat program "just Say Hello"
dengan bahasa pemrograman java.
Mudah saja menerjemahkan tiga langkah membuat programnya ke bahasa java.
Semoga dipahami dan bermanfaat.
DAn ikuti Langkah selanjutnya setelah membuat file java
Tutorial below shows steps to create java file. Hope U could enjoy it:)







Saturday, March 14, 2009

ReseP bikin PanGkaT di ALGoRiTma



import javax.swing.JOptionPane;
/** *
* @author ARbYvanVCLenn on bosoJovo.blogspot.com

* Kasus pamangkatan memang menarik
* karena terlihat simpel namun
* melibatkan stuktur percabangan yang dikombinasikan dengan struktur perulangan

* hasilnya cukup membuat algoritma makin disegani...

* dan makin SERem kaLo dah dibumbui FunGsi n konseP OOP denGan VCM...
* (8-0)
OOOPOOO kuWiii???

* ni kode PRoGRam TakSuSuPi komenTaR

* cuZ I TERinGAT kaTa di 'buku TebeL - ALGoRiTma' YanG TakbaCa
* PRoGRamER keLas PRo GAk PERnah LuPa

* nYanTumin komenTAR YanG RELevan in EVeRY sinGLe kode PRoGRam YanG diTuLisnYa

*
*
*/
public class Main {

/** *dalam pemangkatan * bilangan a kalo dipangkat nol sama dengan satu * bila a dipangkat satu hasilnya bilangan itu sendiri *bila dipangkat lebih dari satu hasilnya sebanyak a*a*... * oleh karena itu fungsi dibuat dengan tiga parameter a, bin, dan c * nanti diproses bin pangkat a * c sebagai variabel pembantu yang nilainya tetap * meski bin terus menerus berubah */
public static int kali(int a,int bin,int c){
//kalo bilangan n dipangkat nol hasilnya satu
if (a==0){bin = 1;}
// bilangan dipangkat satu hasilnya bilangan itu sendiri
else if(a==1){bin = bin*1;}
//lebih dari satu hasilnya tergantung dipangkat berapa
else
{for (int i = 2; i <= a; i++) { bin=bin*c; }// perulangan habis
}// buntutnya else
return bin;
}


public static void main(String[] args) {

String bin = JOptionPane.showInputDialog("bilangan 1");
String a=JOptionPane.showInputDialog("dipangkat???");
int c= Integer.valueOf(bin);
int hasil=kali(Integer.valueOf(a),Integer.valueOf(bin),c);
System.out.println("hasil "+bin+" pangkat "+a+" is "+hasil);
}

}
--------------------


CERiTa kode PRoGRam di aTas dimulai dari main(fungsi utama)
3 variabel dibuat, 2 diantaranya(variabel a dan bin) dengan tipe string untuk menampung masukan
yang didapat dari input dialognya JOptionPane,
selain itu ada juga variabel c yang bertipe integer.

dalam pemangkatan misalkan 2 pangkat 4 hasilnya didapat dari
proses perulangan 2x2 sebanyak 4 kali,
dan kalo dilihat lebih dekat JadinYa sePeRTi beRikuT:
2 pangkat 2 = 2 x 2,
2 pangkat 3 = 2 x 2 x 2,
2 pangkat 4 = 2 X 2 x 2 x 2,

dengan kata lain(bila dipangkat dengan bilangan > 2)
2 pangkat 2 hasilnya = 2 x 2
2 pangkat 3 hasilnya = (hasil dari 2 ^ 2) x 2
2 pangkat 4 hasilnya = (hasil dari 2 ^ 3) x 2
2 pangkat 5 hasilnya = (hasil dari 2 ^ 4) x 2

nah kalo dikodekan jadinya 3 variabel dipakai
variabel pertama untuk bilangan yang mau dipangkat
variabel kedua untuk bilangan yang jadi pangkatnya
variabel ketiga untuk aPa Yhaa???

Tebak saJALah sendiRi buaT aPa.... (^o^)
weS sekian, moGa beRmanFaaT n KALo Gak mudenG JUsT conTacT me...

Saturday, January 3, 2009

masih bERhubuNGAn DGn FuNGsi

sETeLah fuNGSi dibuAT, fuNGsi diJaLAnkan ATau diPaNGGiL dGn kode nama fungsi TeRsebuT beseRTa PaRAmETeRnYa, KOde 4 memaNGGiL FunGsi akaN LEnGKaP biLA diakhiRi DGn TITik koma(;).
caTaTan : dIJAmin ERROR saaT meMaNGGiL FuNGsi TaPi PaRamETeR YaNG disebuTkan Tidak sesuai DGn PaRamETeR FUnGsi Tsb.
misALkan hanYA meNYERTAKan 2 PARamETER 4 fuNGsi DGN 3 PaRAmETeR.

contoh kode PRoGRam :

class ContohFungsi(){//awal fungsi

//fungsi penjumlahan
public static float rata2(int a, int b, int c)
{

float d = a+b+c/3;
//RetuRn value berTiPe FLoaT sama denGan TiPe FunGsi
return c;

}// akhir fungsi

public static void main(String args[]){
int bil1 = 2;
int bil2 = 10;
int bil3 = 30;
//memanggil fungsi
float h= rata2(bil1, bil2);//3
System.out.println(h);

}
}

diPeRLukan JUGa VaRiaBLe uNTuk meNYimPan niLai daRi ReTURn vaLue sebuah FuNGsi, seperti no3 dalam kode program di atas. SaaT memanGGil fungsi rata2 dalm kode di atas hanYa diserTakan 2 PaRameTer, PadahaL funGsi rata2 memiliki 3 parameter bertipe int (dalam baris kode public static float rata2(int a, int b, int c)).
so Awasi PaRameteR JuGa kaLo memAnGGiL FunGsi

Friday, January 2, 2009

FuNGSi daLAm codiNG

wELL, sETeLAh meNGuPas bAGian2 dALAm FUnGSi,

class FungsiSample { public static int penjumlahan(int a, int b){ int c =a+b; return c;} public static void main(String args[]){int a = 3; int b= 2; int c =penjumlahan(a,b); System.out.println(a+" + "+b+" = "+c);} }
wELL iTulah kode RiNGkas PLUs FUnGsi,
saAT membUAT FunGsi TuLis STATus FunGsi spasi TiPe dATa FUnGsi spasi nama FunGsi dan PaRamETeR(public static int penjumlahan (int a,int b) ).

About Me

ORanG YAnG doYan ReadinG n BeTah PARkiR di GRamed Lama2, LiV TYLeR aLso NaTaLie PoRTman LoveR YanG GemaR maen PES. maSiH KUL n Do'ain Me biAR LEkaS KeLAR kUL n LEkas Jadi PenGusaha biaR biSA buka LaPanGan keRJa seLuas-LuasnYA di Indo,

Followers